SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP .......
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/ 1
Tahun ajaran : 2012/2013
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
TB
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
TB
|
Charac-ter
features
|
Penilaian
|
Aloka-si
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Menulis
6.Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana
berbentuk descriptive,
dan
recount
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
6.2
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berineraksi dengan lingkungan sekitar dalam
teks berbentuk descriptive
dan
recount
|
C2
|
DESCRIPTIVE
TEKS
Generic
Structure:
Identification
Description
Language
Feature / ciri- ciri kebahasaan
|
Kegiatan Pendahuluan
Greeting
Menyiapkan
fisik dan pskis siswa
Tanya
jawab seputar kegiatan yang telah dilakukan
Menyampaikan
tujuan pembeljaran dan cakupan materi.
EKSPLORASI
Guru
menunjukan gambar dan meminta siswa menjawab pertanyaan tutunan
secara akitif.
Guru
memberikan contoh teks descriptive
Guru
membimbing siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 4 sis
ELABORASI
Siswa
secara berkelompok membuat teks descriptive.
Siswa
menampilkan hasilkerja kelompok di papan .
Siswa
membuat teks descriptive secara individu
Siswa
mendiskusikan denagn aktif jawaban yang benar dengan bimbingan
guru.
KONFIRMASI
Siswa
mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasl pembelajaran
Guru
memberikan motivasi kepada siswa
Kegiatan
Penutup
Siswa
diminta mempeajari rencana materi pembelajaran pada pertemuan
berikutnya
Siswa
diminta mengerjakan ugas individu yang bersumber dari buku
|
Membuat
teks fungsional pendek
Menggunakan
langkah retorika dalam menulis teks fungsional
|
P2
|
Bekerjasama
Kreatif,
Jujur,
Disiplin
|
Teknik:
Tes
Bentuk:
Unjuk kerja
|
2 x 40’
|
Foto
Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar